20150520_161206

Mengubah Mobil Standar Jadi Bergaya Offroad 4×4

Arena offroad memang identik dengan Mobil 4×4, medan berbatu dan berlumpur, serta tanjakan curam sudah menjadi ciri khas yang dihadapi. Di tanah air sendiri begitu banyak kejuaraan offroad berskala nasional juga sudah rutin digelar demi mengakomodir antusias para offroader dalam negeri. Begitu menantangnya arena ini juga membuat beberapa orang rela merombak tampilan standard mobilnya jadi bergaya offroad demi mengejar kesan yang lebih ‘jantan’.

Tak hanya dari mobil yang sudah berpenggerak 4×4 seperti Mitsubishi Pajero, Toyota Land Cruiser, Toyota Hilux ataupun Ford Escape, banyak juga orang yang datang dari tipikal mobil penggerak 4×2. Beberapa diantaranya ialah Toyota Kijang, Isuzu Panther, bahkan ada pula sedan seperti Toyota Starlet. Hal yang pertama perlu diperhatikan ketika hendak merombak mobil bergaya offroad adalah dengan meninggikan bagian kaki-kaki baru kemudian eksterior lainnya.

Kemudian untuk meniggikan kaki-kaki ada dua alternatif. Yang pertama pakai body lip dan yang kedua dengan meninggikan bagian suspensi disesuaikan dengan ukuran ban. Adapun diameter ban yang dinormalkan antara ring 32 sampai 33 inchi. Untuk mobil yang basicnya 4×2 sedikit tambahan ialah dengan mengadopsi transfer case 4×4. Disamping itu pada mobil 4×2 gardan depannya itu kosong (banci) makanya juga harus diganti. ” Dengan rombakan kaki-kaki dan ban tadi hal lain yang harus diperhatikan tentu bagian pengereman. Dan sebaiknya untuk rem belakang diubah model disc (cakram) dan dianjurkan menggunakan rem bawaan Pajero karena memiliki rem tangan, berbeda dengan rem mobil sejenisnya.

Untuk bagian velg, tipikal offroad juga harus offset. Kalau misalkan perubahannya dari standard itu bisa dipasang adaptor/spiecer 3cm sampai 5cm jika tidak ingin mengganti velg. Selesai membenahi bagian kaki-kaki, kita bisa mempertimbangkan beberapa parts dengan tipikal offroad pada eksterior. ” Kalau dari tampilan luar kita bisa ganti bumper standar dengan tanduk offroad, atau bumper depan 4×4 dan bumper belakang 4×4 model offroad, snorkel, ditambah rack 4×4, ataupun juga footstep 4×4, dan segala kebutuhan variasi 4×4 ini bisa kita dapatkan di rajavariasi4x4.com.

Perubahan kaki-kaki sebaiknya direspons dengan perubahan pada mesin walaupun sampai ring 32 mesin standard diklaim masih sanggup memberi kinerja baik. Sedikit perubahan bisa dilakukan pada final gear yang dikasarin tujuannya supaya bisa menyesuaikan putaran rasio. Yups, jika penasaran dan jenuh dengan tampilan standard mobil anda, gaya offroad nampaknya bisa jadi pilihan yang menarik. Untuk lebih lengkapnya segera kunjungi toko Raja Variasi 4×4 di Pasar Mobil Kemayoran, Blok M No. 35, Kemayoran, Jakarta Pusat. Atau order melalui telepon/whatsapp ke nomor 0812-888-11679.

follow dan like kami: